link

Senin, 27 Februari 2017

-8- Mengajari Anak Cebok Sendiri


5 Desember 2016 lalu anak sulung saya sudah berumur lima tahun. Jebol status saya sebagai emak tiga balita. Selangkah demi langkah mengajarkan kepada anak-anak kemandirian. Mulai dari toilet traning, belajar makan sendiri, mandi sendiri, dll. PR saya kali ini adalah mengajari anak cebok sendiri. Kalau cebok habis BAK sepertinya gampang ya tapi kalau habis BAB koq bagi saya agak-agak rumit ya :D

Meskipun tidak ada batasan pasti umur berapa anak harus bisa cebok sendiri, menurut saya belajar hal ini harus diagendakan. Pendapat saya anak harus bisa cebok sendiri kalau bisa ya sebelum masuk SD lah ya. Tak perlulah itu syarat bisa membaca untuk masuk SD cukup bisa cebok sendiri :-P

Nah oleh karena itu mulai hari ini, saya ajar si sulung cebok sendiri. Beberapa hal yang saya lakukan antara lain :

1. Memberitahu bahwa kotoran ini najis dan harus dibersihkan. Jelaskan semudah mungkin
2. Mengajarkan cara menbersihkan dengan benar, bilas yang benar pakai sabun, bilas berulang-ulang
3. Mengajarkan cuci tangan setelahnya dengan sabun
4. Membantunya, membersihkan ulang sekalian ngecek sudah bersih atau belum
5. Memberi pujian

Nah dimulailah hari pertama. Surprise..! Si sulung ga mau alasannya ga nyampe tangannya. Surprise kedua..! Ternyata dia merasa jijik memegang duburnya. Oke.. dibujuk-bujuk akhirnya mau, meski masih tetap bunda yg siramkan airnya.
Ayok semangat yuk..
kita lihat hari-hari selanjutnya

#level2
#kuliahbunsayiip
#melatihkemandirian

Tidak ada komentar:

Posting Komentar