link

Selasa, 06 Februari 2018

-24- Resep Kepiting

Saya kenal hewan satu ini ketika mulai merantau di Sulawesi. Hewan berkaki sepuluh yang termasuk dalam keluarga crustacea ini hidup di perairan, meskipun kadang-kadang ia jalan-jalan ke daerah hutan bakau.
Sampai sekarang bagi saya hewan satu ini termasuk hewan yang menyeramkan, hihihi, mak rempong ini takut dicapit, dan biasanya para penjual di pasar menjual dalam keadaan hidup.
Dulu diawal saya kenal hewan ini, meskipun kata orang rasanya maknyus, saya takut makan karena ragu halal atau haramkah ini hewan, ketahuan banget yak kalau ga pernah baca-baca.
Ternyata MUI tahun 2002 sudah mengeluarkan fatwa akan kehalalan hewan, anugrah Allah yang satu ini.
Ngalor-ngidul ngomong kepiting begini mau apa sich?
Yap, saya mau berbagi resep aja Mak.
Ceritanya hari ahad kemarin pergi kepasar dan seperti biasa para krucil ikut mengawal. Di pasar sebenarnya saya malas beli kepiting, selain takut saya malas membersihkan kepitingnya.
Tapiii, pengawal yang bernama Umar tidak mau beranjak dari depan penjual kepiting, katanya mau makan kepiting, sampai-sampai penjualnya bilang, “Mau sekali kepiting itu anaknya”.
Akhirnya belilah kepiting, Rp 35.000,- dapat 7 ekor lumayan besar dan masih hidup. Sampai rumah ada adegan lepas satu ekor segala.
Ahhh,, masih juga ngalor ngidul ini, sedikit berbagi resep aja ya Bund Capinshol

Bahan
-Kepiting 4 ekor
-Bawang merah 5 biji
-Bawang putih 4 biji
-Kemiri 4 butir
-Tomat 2 biji
-Jahe
-Lengkuas
-Daun jeruk
-Sere
-Garam

Cara buat
-Cuci kepiting, siapkan kukusan kemudian panaskan, kepiting langsung dikukus
-Setelah menjadi merah, matikan api kemudian sikat kepiting, saya pakai sikat gigi
-Haluskan bawang merah, bawang putih, kemiri, jahe, lengkuas, tomat dihaluskan namun dipisah
-Tumis bumbu halus, masukkan daun jeruk, sere
-Masukkan kepiting, aduk pelan-pelan
-Masukkan tomat
-Tambahkan air
-Tambahkan garam
-Tunggu sampai matang


Alhamdulillah, semuanya suka dan nambah-nambah

#MenulisAyikdanBahagia
#PerempuanBPSMenulis
#15HariBercerita
#Hari2

Tidak ada komentar:

Posting Komentar